warning: Creating default object from empty value in /usr/home/www.kawansejati.org/html/program/lib.php on line 582.

Tawasul




Tawasul




Pengertian

Tawassul atau wasilah artinya adalah mengerjakan sesuatu amal yang dapat mendekatkan diri kita pada Tuhan. Tawassul juga diperbolehkan dalam berdoa, malah hal ini akan lebih membuat doa tersebut makbul.

Contoh berdoa dengan wasilah atau tawassul:

  1. Kita mendatangi seorang ulama yang mulia dan dikasihi Tuhan, lalu kita berkata: "Saya akan mendo'a mohon ini itu kepada Tuhan, tetapi saya harap pula tuan Guru mendoakan kepada Allah bersama saya, supaya permintaan saya dikabulkannya".
  2. Kita berziarah kepada Nabi di Madinah, ketika beliau masih hidup ataupun pada ketika beliau telah wafat, maka kita berdoa di situ dan kita harapkan agar Nabi Muhammad s.a.w mendoakan kita pula kepada Allah. Ini namanya berdoa dengan tawassul, dengan orang yang masih hidup atau yang telah wafat.
  3. Kita datang ziarah ke makam Syeikh Abdul Qadir al Jailani, lantas kita berdoa di situ kepada Tuhan begini bunyinya: "Ya Allah, Ya Tuhan yang Pengasih dan Penyayang, saya mohon keampunan dan keredhaan-Mu berkat beliau yang bermakam di sini, karena beliau ini saya tahu, seorang ulama besar yang engkau kasihi. Berilah permohonan saya , Ya Allah Ya Rahman Ya Rahim"
  4. Kita berdoa kepada Allah : "Ya Allah, berkat kebesaran Nabi Besar Muhammad s.a.w, berilah permohonan saya ..."
  5. Kita berdoa : "Ya Allah, berkat nama-Mu yang besar, berilah saya ini itu". Ini berdoa tawassul dengan nama Tuhan.
  6. Kita berdoa , "Ya Allah, saya ada mengerjakan amalan yang baik, yaitu saya tetap hormat kepada ibu bapa saya. Kalau amal itu diterima oleh Engkau, maka berilah permohonan saya ini dan itu".

Dalil Tawasul

Peranan tawasul

Tawasul adalah amalan sunat yang disukai oleh Allah. Buktinya adalah bahwa amalan tawasul ini disebutkan dalam Al Quran dan hadis, serta menjadi amalan para sahabat, tabiin, dan tabiut tabiin. Do'a/permintaan melalui tawasul insya Allah lebih mudah dikabulkan.

Tawasul (wasilah) adalah salah satu metode untuk menjadi orang bertaqwa. Sejarah menunjukkan bahwa generasi salafus soleh adalah orang-orang yang sangat kuat mengamalkan tawasul.

Kajian lebih lanjut

Referensi Buku

Referensi Artikel Online

=== sekian ===

Janganlah kamu adakan Tuhan

Janganlah kamu adakan Tuhan yang lain di samping Allah,nanti kamu menjadi tercela dan terhina. Al-isra ayat 22

orang suruh ambik direct

orang suruh ambik direct project kt pengarah dia nak jugak pkai broker

orang suruh ambik direct

orang suruh ambik direct project dia nak jugak pakai broker,

Masih ada beberapa ayat lain

Masih ada beberapa ayat lain yang menyebutkan tentang tawasul, dan tidak semuanya melalui orang yang hidup. Daftarnya ada di http://kawansejati.ee.itb.ac.id/tawasul-alquran.

Tulisan tentang tawasul oleh

Tulisan tentang tawasul oleh Habib Munzir al Musawa http://www.scribd.com/doc/27920379/Kenalilah-Akidahmu-Al-Habib-Munzir-Al...

Tawasul dengan benda mati ada

Tawasul dengan benda mati ada istilahnya sendiri yaitu Tabarruk.
Dapat dibaca di beberapa situs berikut:
- http://blog.its.ac.id/syafii/2008/08/21/tabarruk-mengambil-berkah-dari-b...
- http://www.everyoneweb.com/tabarruk/ bab 9 mengenai tawasul dan tabarruk

Beberapa pendapat tentang tawasul

http://pecintamajlisrasulullah.blogspot.com/2010/01/tentang-tawassul-dan...

Pertama: Pendapat Sekte Wahabisme
Kedua: Pendapat Ahlusunnah wal Jamaah (bahkan Islam secara keseluruhan).
Ketiga: Pendapat Ibnu Taimiyah al-Harrani

Ayat-Ayat al-Quran tentang Legalitas Tawassul / Istighotsah
Tawassul dengan Nama-Nama Agung Allah
Tawassul melalui Doa Rasul
Tawassul melalui Doa Saudara Mukmin
Tawassul melalui Kedudukan dan Keagungan Hamba Saleh

tawasul

Tawasul kepada mayat...ya enggak ada. Mayat itu benda mati..ti.
Yang ada adalah tawasul kepada rukh...jasad yang mati itu. Tidak setiap rukh mampu diamanati sebagai "perantara".

kitab tentang tawasul

ada beberapa kitab yang menyatakan adanya tawasul, namun kitab-kitab ini sempat dipalsukan http://salafytobat.wordpress.com/2009/03/22/wahaby-palsukan-kitab-fathul...

Tawasul kepada orang Mati

Tawasul selain kepada mayat itu memang di contohkan dan dianjurkan. Tapi adakah Hadits yang shahih yang bisa menjadi dalil bahwa tawasul kepada Mayat itu pernah Rasulullah anjurkan atau dilakukan oleh para sahabat ..??

Dalil tawasul dengan orang

artike tawasul di suara merdeka

Ada artikel tentang tawasul di koran http://www.suaramerdeka.com/harian/0407/26/ragam5.htm

Nampaknya isinya merujuk ke buku "40 Masalah Agama" juga.

tawasul adalah jalan taqwa

tawasul adalah salah satu jalan untuk mencapai taqwa http://kawansejati.ee.itb.ac.id/07-01-wasilah-jalan-mendapatkan-taqwa

tawasul sahabat

tawasul Safinah r.a, seorang sahabat Rasulullah ketika bertemu dengan seekor singa: http://kawansejati.ee.itb.ac.id/safinah-r-a-pelayan-rasulullah-saw

Bertanya

Asss.....Wb Maaf aq mo nanya tentang tawasul aq bingung nihhh, sebenernya tawasul itu boleh gak, masalahnya aq tuh selalu bertawasul nabi dan para wali khusunya syeh abduk qadir, knp sih kok byk ulama yg bilang haram dan tidak termasuk dlm sariat islam mohon dongk bimbingannya, kirim yah ke dianhunterx@yahoo.com. atam sms aja ke 081519448185 ksh opininya yahhh blh gak .makasih

Berdoa dengan ber-Tawasul

Berdoa dengan ber-Tawasul adalah meminta kepada Tuhan dengan "perantaraan". Tawasul secara umum ada 2 jenis ; tawasul yang sifatnya lahiriah dan maknawiyah ( ruhani ).

Yang lahiriah contohnya : Kita minta tolong pada dokter untuk menyembuhkan sakit kita, dst.
Yang maknawiyah contohnya : Kita minta pada Tuhan dengan berkat guru yang bertaqwa kita supaya dimudahkan beribadah, dst.

Berdoa bertawasul adalah meminta menggunakan perantaraan yang memiliki kelebihan dibandingkan kita. Misalnya dokter, jelas dia ada ilmu tentang sakit dibandingkan kita. Lalu tawasul kepada wali Allah, jelas mereka itu lebih dekat kepada Allah dan lebih makbul doanya. Tawassul ibaratnya surat rekomendasi.

Tawasul adalah perkara syariat, bukan akidah. Syariat ini akan jadi sesat atau syirik jika akidahnya ( iktikadnya, atau keyakinannya ) salah.

Misalnya : kita minta tolong pada Dokter, kalau kita saat itu berkeyakinan bahwa dokter yang dapat menyembuhkan, maka sudah jatuh SYIRIK. Dokter hanya sebagai perantaraan yang Tuhan berikan untuk kesembuhan sakit kita. Iktikad kita mestinya tetap, bahwa yang punya Kuasa Menyembuhkan adalah ALLAH.

Begitu juga kiasan pada hal2 tawasul yang lain baik lahiriah maupun maknawiyah.

Sebetulnya seluruh hidup kita tidak terlepas dari Tawasul, kita ingin kenyang maka kita tawassul dengan nasi, namun bukan nasi yang mengeyangkan melainkan Allah yang memberi kenyang, dst..
Boleh dikiaskan pada hal2 lain...

tawasul adalah amalan sunat

Tawasul itu hukumnya adalah sunat, jika dikerjakan mendapatkan pahala , sedangkan jika tidak dikerjakan tidak apa-apa.
Dalil berdoa dengan tawasul dapat dibaca di http://kawansejati.ee.itb.ac.id/dalil-berdoa-tawasul , dikutip dari buku "40 Masalah Agama"

Mengenai ulama yang menyatakan bahwa tawasul itu haram, umumnya adalah dari kelompok Wahabi / pengikut Ibnu Taymiah, dan juga dari orang-orang yang tidak mengerti tentang perkara ghaib.

Amalan tawasul umum dilakukan oleh para sahabat, para salafus soleh, dan juga oleh para ulama Ahlusunnah Wal Jamaah (Sunni).

request link update

assalamualaikum,

artikelnya menarik, btw saya pengen tau http://localhost/work/ks/web/html/22-angkara-yahudi yg isinya tentang Angkara Yahudi.
terimakasih pak admin.
jazakumullah khairan katsira...

tentang angkara yahudi bisa

tentang angkara yahudi bisa dibaca di sini: http://kawansejati.ee.itb.ac.id/22-angkara-yahudi

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.

Theme by Danetsoft and Danang Probo Sayekti inspired by Maksimer